Hentikan Kekerasan pada Anak !

July 31, 2007 listysan

” Dzaki…..kamu ini sudah besar kenapa masih saja nakal dan kolokan….kamu harus bisa makan sendiri…” suara Ibu Dzaki berteriak, sambil tangannya aktif mencubit cubit paha Dzaki…si Dzaki bukannya diem dari tangisnya…malah kenceng suara tangisnya karena kesakitan dicubit

Hiks….saya mendengarnya pengin nangis…pengin rasanya bilang pada Ibu Dzaki..bu tolong jangan dicubit Dzaki..kasihan….cuman saya ngga ada keberanian campur tangan dalam hal ini…khawatir dibilang sok tahu…karena baru kemarin kasus orangtua yang marah-marah ke saya gara-gara saya ingatkan untuk mengurangi tontonan TV karena anaknya mulai mengikuti permainan smack down…Otak saya berputar bagaimana menghentikan kekerasan itu…..akhirnya saya putuskan untuk mencoba melewati rumah tetangga dengan memutar jalan supaya tidak ketahuan kalo saya memang sengaja ke rumahnya…dan berpura-pura menyapa…berharap sapaan saya mampu mengalihkan perhatian Ibunya….Alhamdulillah…kali ini tepat usaha saya ngga sia-sia…

Sering kejadian seperti ini terjadi….kita memperlakukan seorang anak ibarat radio rusak…(Maaf saya pinjem istilah ayah edi…) Radio rusak biasanya dipukul-pukul saat ada masalah,nah hasilnya kadang bener atau kadang malah rusak…tapi lambat laun karena sering dipukul ya tentunya makin parah rusaknya.

Orangtua masih ada yang belum menyadari hal ini…masih ada aja yang bersifat keras kepada anak..apalagi saat capek pulang kerja…anak rewel dan sebagainya.

Klo kita mau jujur..sebenarnya pola perbuatan anak…sifat dan akhlaqnya…itu cermin dari orangtuanya…bagaimana kita mendidik dan memperlakukan anak akan menjadi potret bagi anak, kalo kita tidak pernah mengajarkan anak mandiri dan makan sendiri jangan berharap anak bisa makan sendiri….tanyakan alasan kenapa anak minta disuapin…bisa jadi karena kangen sama Ibunya…atau memang lagi ngga enak badan. Demikian pula saat anak melanggar perintah kita…misalnya ngga mau sholat…jangan langsung marah kepada anak dengan memukulnya dengan kata-kata dan perbuatan kita….coba tanyakan lagi pada diri sendiri…sudahkah kita memberi contoh yang baik? sudahkah kita mengajarkan sholat….?

Bisa jadi kalo kita sering memukul anak, membentak dan melakukan kekerasan lainnya hal tersebut akan ditiru oleh anak dan hal itu akan dilakukan pada temannya bahkan pada kita, karena anak adalah peniru yang baik.

Anak adalah amanah yang begitu besar dari Alloh SWT…ngga semua orang dikaruniai amanah ini…so…mesti kita jaga baik-baik…jangan sampai amanah ini kita sia-siakan…STOP KEKERASAN pada ANAK mulai SEKARANG !

Entry Filed under: kids education

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

July 2007
M T W T F S S
    Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts

 
