Jikalau telah Tiba Waktunya…

August 1, 2007 listysan

Belum lama berita 6000 jamaah haji PLUS Indonesia tidak mendapatkan quota tahun ini menggemparkan berbagai media masa. Waktu itu saya menecoba menghubungi salah seorang kawan yang memang berkecimpung di sebuah KBIH….saya coba untuk berdiskusi kenapa hal ini bisa terjadi…karena tahun lalu Qouta Haji Plus masih dijual pada saat bulan Ramadhan.

Hmmm….lagi-lagi berita yang kurang menggembirakan saya dapat dari seorang kawan tersebut…mulai dari adanya beberapa travel penyelenggara haji yang “nakal” dan menyalahi prosedur dan juga dari DEPAG sendiri masih menerapkan tiga manajemen dalam satu rumah…yaitu sebagai pencetus regulasi, pelaksana dan supervisi… Ya…tidak bisa disalahkan juga kenapa DEPAG tidak bercermin pada negara tetangga seperti Malaysia yang mengelola pendaftaran hajinya dengan bagus sehingga sampai punya “tabung haji” yang dananya bisa diinvestasikan di berbagai BUMN dan perusahaan lain…bahkan ada yang usahanya sampai masuk ke Indonesia. Barangkali Indonesia masih menganggap sistem yang dijalankan sudah cukup bagus.

Banyaknya jamaah haji Plus yang belum mendapatkan kepastian quota ini memancing berbagai reaksi juga…yang saya lihat di sebuah pengajian, ada yang masih cukup muda…marah-marah pada travelnya…kenapa namanya tidak didaftarkan terlebih dahulu padahal dia daftarnya termasuk urutan awal, ada yang menyalahkan kenapa info seperti itu tidak dijelaskan transparan…ada yang protes juga karena tercecer, istrinya terdaftar dan suaminya tidak…ada Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak sepuh usianya tapi beliau tetap berlapang hati, penuh ikhlas menyerahkan keputusan pada Alloh SWT

Belum lama berita itu marak…ada lagi berita heboh yang melarang masakapai penerbangan Indonesia ke Eropa dan juga Saudi….
Setelah tahun lalu sebagian jamaah haji reguler bermasalah dengan kateringnya…tahun ini sebelum berangkat sudah banyak cobaaannya…

Saya sendiri hanya bisa menilai….begitu banyaknya cobaan ini tentu saja tidak terlepas dari kehendak-Nya… Haji adalah salah satu rukun Islam yang menurut saya sangat istimewa…banyak cerita istimewa dari Haji ini sendiri…ada yang sudah bisa melaksanakan walaupun secara ekonomi tidak berkecukupan…ada yang sudah berhaji tapi tidak ada perubahan moralnya, bahkan ada yang sampai sana tapi tidak mampu melihat ka’bah….saya sendiri selalu bergetar dan merinding mendengar cerita-cerita seperti ini.
Jadi sebenarnya haji bukan ditinjau dari segi kemampuan ekonomi saja…bahkan kemampuan hati untuk berhaji juga diuji dan sangat menentukan, kalo sudah marah-marah disini karena tidak dapat quota..lalu bagaimana disana nanti jika menunggu antrian di toilet…berjubel melempar jumroh…berdesakan dalam thowaf…?
Proses haji sendiri menurut saya sangat unik…mulai dari ihram sampai tahalul adalah sesuatu totalitas pengorbanan manusia…dan setelahnya harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Itu hanya pemahaman dari saya…seorang pembelajar…barangkali lain lagi pendapat para pakar atau ahli agama…

Himbauan saya kepada saudara-saudari seiman yang saat ini belum mendapatkan Quota haji…sebaiknya bersabar dan tak lupa tetap berikhtiar…justru saat yang tepat untuk introspeksi diri….bukan menyalahkan orang lain…kenapa kita belum dapat…apakah karena kualitas ibadah harian kita masih kurang? apakah bekal kita sudah halal? atau apakah kesabaran kita sedang diuji….hanya Alloh yang tahu…tentunya jika sudah tiba waktunya….InsyaAlloh akan ada panggilan Alloh untuk kita ke Baitulloh…buktinya ada seseorang yg tidak mampu secara finansial bisa berhaji….tinggal kita kembalikan pada hati kita masing-masing. InsyaAlloh diberikan yang terbaik buat kita semua…

JIKALAU TELAH TIBA WAKTUNYA….

*hamba yang merindukan Baitulloh*

Entry Filed under: General

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: