Reward sesuai porsi…

August 6, 2007 listysan

Sabtu kemarin saya memutuskan istirahat setelah hasil lab menyatakan saya kena gejala typus….

Tapi kebiasaan sibuk ternyata membuat saya ngga enak berdiam diri…anak saya pun turut protes…biasanya liburan saya ajak belajar di luar rumah kali ini harus mencari aktifitas di rumah….Akhirnya mencari ide supaya dia senang dengan aktifitas sabtu ini dan minggu besok tentunya….muncul ide mewarnai layang-layang dan membuat kebun mini…rupanya aktifitas ini disukai…seharian berkotor-kotoran….tapi asyik….

Sambil menyanyikan lagu home schooling ala sekolah rumah…”belajar dimana saja”…wah..asyik juga…ngga terasa waktu udah sore…berlanjut belajar di bath up..sambil berendam dan main busa…habis itu ada pelajaran tambahan memakai baju sendiri….dengan iming-iming reward akan ditemani bermain game komputer setelah sholat maghrib dan mengaji rupanya sangat manjur…dan aktifitas mengaji pun jadi lancar dan tanpa keluhan…

Rasa syukur hari sabtu berlalu dengan mengasyikkan….

Memang selama ini saya sering memberikan reward-reward kepada anak jika dia berprestasi mulai dari berhasil memakai bajunya sendiri sampai merapikan mainan…Reward pun beraneka ragam, mulai dari mainan yang harganya murah..iming2 main komputer bersama…game baru…sampai dengan reward yang mahal….
Tujuannya cuma memotivasi saja supaya anak terus menerus berprestasi dan kreatif

Ada yang bilang anak jangan terlalu sering dikasih iming-iming reward…tapi ternyata ngga semua itu bener…
Menurut saya ngga masalah ngasih reward ke anak…asal kita berkomitmen dan juga porsinya sesuai…hadiah atau reward itu sebenarnya kayak obat aja kok…klo kita berikan dosisnya dengan tepat ya hasilnya akan maksimal, tapi kalo over dosis khan jadinya malah jadi racun juga…sama aja reward kepada anak juga gitu…berikan sesuai porsi…juatru kalo bisa sih perbanyak reward dan kurangi hukuman….

Alloh SWT saja dalam firman-Nya banyak memberikan reward  kepada kita manusia, mulai dari pahala yang berlipat ganda sampai dengan syurga firdaus….nah kenapa kita ngga melakukan pemberian reward kepada anak kita?

Entry Filed under: kids education

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: