Multiple Intelligence

August 20, 2007 listysan

Hari gini Bunda blom ngerti tentang multiple intelegence? waduh..bisa ketinggalan kereta deh….karena kecerdasan inilah yang bisa dibina oleh orang tua untuk perkembangan anaknya.

Multiple Intelegence atau kecerdasan majemuk pertama kali dicetuskan oleh Howard Gardner peneliti dari Harvard dengan delapan kecerdasan yaitu :

  1. Kecerdasan linguistic/bahasa, kecerdasan ini  mencakup kemampuan membaca, menulis dan berbicara.Termasuk di dalamnya kemampuan merefleksikan pikiran dan perasaan dalam kata-kata.
  2. Logical-mathematical/kecerdasan logika matematika, kecerdasan kedua ini berhubungan dengan kemampuan menganalisa sebab-akibat dan juga mencakup kemampuan melakukan perhitungan matematika dan penggunaan sistem bilangan abastrak.
  3. Kecerdasan bodily kinesthetic merupakan kemampuan mengekspresikan ide dan perasaan dalam gerakan tubuh termasuk kemampuan menggunakan koordinasi tubuh dab mengontrol gerakan-gerakan. misalnya penari, atlet
  4. Kecerdasan spasial, kecerdasan ini melibatkan imajinasi aktif yang membuat seseorang mampu mempersepsikan warna, garis dan luas serta menetapkan arah dengan tepat. kecerdasan seperti ini biasanya pelukis, pemahat, arsitek.
  5. Kecerdasan musical melibatkan sensivitas terhadap bunyi dan ritme, serta digunakan untuk mengenali, meniru, menghasilkan maupun menciptakan musik.
  6. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorang untuk berelasi dan berkomunikasi, serta memahami maksud orang lain.
  7. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengembangkan potensi, serta mengekspresikan dirinya.
  8. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami sifat-sifat alam. Kecerdasan ini dibutuhkan oleh ahli biologi, ahli binatang, ahli tanaman maupun petani.

Namun seiring perkembangannya ditambah lagi satu kecerdasan yang justru sangat penting yaitu kecerdasan “Spiritual”. Kecerdasan ini sangat penting karena merupakan kemampuan diri kita dalam mengenal dan memahami bahwa kita sepenuhnya adalah makhluk ciptaan Alloh yang merupakan bagian dari alam semesta.  

Nah…sebagai orang tua para bunda mesti tahu kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki putra putrinya…karena bisa jadi putra-putri kita lebih menonjol dalam salah satu atau lebih kecerdasan tersebut. Sehingga kita bisa mendidik putra putri kita dengan benar

Entry Filed under: kids education

3 Comments Add your own

  • 1. pandoe  |  November 24, 2007 at 3:08 pm

    Betul… setuju. Tapi sayangnya multiple intelligence itu belum memasyarakat. Jangankan orangtua, sekolah sebagai lembaga pendidikan juga banyak yang belum paham. Semuanya berjalan secara tradisi.

  • 2. firman  |  January 6, 2008 at 7:16 am

    betul banget apabila ada bimbingan yang lebih intensif lagi bagi keluarga atau guru makin bagus lagi tuh. tapi mestinya pemerintah harus lebih tanggap pada maslah pendidikan jangan kerjanya merubah kurikulum melulu. kbk guru guru aja belum ngerti eh udah dirubah lagi jadi KTSP. hidup pendidikan

  • 3. Puada  |  May 26, 2008 at 10:02 am

    wah menarik juga nih …merubah paradigma itu cukup sulit butuh waktu lama namun kita harus selalu pantang menyerah maju terus…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: