Bukan karena Bakat

September 11, 2007 listysan

Dua hari yang lalu teman saya bercerita…dia sedang sibuk sekali mencari ide bagaimana memulai usaha. Setumpukan buku-buku wirausaha pun  telah dibaca habis…tapi ujung-ujungnya dia masih juga bingung mo ngapain. Ketika ketemu saya jawaban klasiknya muncul…”ternyata saya itu ga punya bakat untuk usaha”

Benarkah usaha itu karena bakat? Saya ingat dulu waktu kuliah…saya ngga tahu apakah saya punya bakat usaha atau tidak…yang jelas waktu itu saya ngga bisa bayar kuliah karena kondisi keuangan orang tua saya sedang turun. Uang cadangan saya pun tinggal 200 ribu, cukup untuk bayar 6 bulan asrama..
Saya benar-benar memutar otak bagaimana saya bisa bertahan paling tidak supaya bisa tetap tinggal di Bandung dan bisa makan minum…paling tidak bisa cari pekerjaan baru walaupun harus cuti kuliah….
Hingga pada suatu pagi saya diajak teman saya ke Pasar Baru…itu adalah pertama kalinya saya ke Pasar Baru…dan belum sebagus Pasar Baru yang sekarang…sepanjang jalan saya tak hentinya berfikir bagaimana mencukupkan uang 200 ribu itu untuk 6 bulan…akhirnya tanpa basa basi saya pertaruhkan  uang yang 100 ribu itu dengan barang dagangan dengan niat saya jual lagi di kampus…saat itu uang saya 100 ribu dapat 7 item barang murah meriah kemudian saya jual dengan margin antara 5-10 ribu…alhamdulillah uang 200 ribu saya nambah jadi 255 ribu…dan akhirnya saya kecanduan jualan…barangkali itu jawaban Alloh atas pertanyaan saya bagaimana uang 200 ribu bisa buat hidup 6 bulan….
Benar saat itu saya ngga mikir apa saya punya bakat jualan apa nggak…yang jelas cuman just do it doang…

Kalo kita mikirin punya bakat apa ngga so pasti akan habis waktu kita untuk berfikir…kenapa ngga dicoba aja…langsung action…nanti khan ketahuan juga kenapa kita berhasil dan kenapa kita gagal….kalopun kita gagal dan menganalisa yang jelas menurut saya bukan karena kita ngga bakat..tapi pasti karena faktor lain…
Saya juga ingat banget temen saya yang ngga punya hobby atau bakat musik saat ini punya usaha studio musik…nah sama aja sebenarnya dalam memulai berbisnis ngga perlu mikir punya bakat apa nggak….action aja sebelum ide kita dicuri orang lain….

Entry Filed under: entrepreneurship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: