Arti sebuah panggilan

September 17, 2007 listysan

Kita orangtua kadang tanpa sengaja memberikan panggilan tertentu atau bahkan gelar pada anak kita…misalnya karena anak kita bertubuh gendut kita panggil ‘si gendut’…atau karena anak kita banyak bicara kita panggil ‘si ceriwis’ dan masih banyak panggilan atau perumpamaan lain yang tanpa kita sadar kita gunakan dalam sehari-hari, baik untuk tujuan bercanda maupun serius.

Pernahkah kita bertanya kepada anak kita…apakah anak kita, apakah senang dengan panggilan yang kita berikan? Atau coba kita berkaca pada diri kita…bagaimana seandainya orang lain memanggil kita dengan julukan yang kurang kita sukai…misalnya si cerewet…si gendut atau yang lainnya? Intinya pasti kita tidak menyukainya khan?

Saya pribadi menjawab saya tidak suka…saya ingat benar waktu masih kuliah ada seorang teman yang suka memanggil saya dengan panggilan ‘sepur (kereta)’ karena memang kalo bicara dan jalan saya sering terlalu cepat…dan saya merasa kurang nyaman dengan panggilan itu…

Kembali pada panggilan, julukan, atau gelar yang kita berikan pada anak, saya yakin anak-anak banyak yang tidak menyukai gelar atau panggilan negatif yang kita berikan. Ambil contoh anak yang gendut dan kita julukin ‘si gendut’
Saat kita memanggil dengan si gendut pasti anak tersebut merasa kurang nyaman dan merasa malu atau minder dengan kondisi dirinya. Justru dari situ kita telah melukai hati anak dan membuat rasa percaya dirinya perlahan hilang.
Sikap kita seperti itu sering tidak disadari namun dari sinilah justru karakter anak akan dibentuk, kita sering menyalahkan anak kita saat anak kita minder atau ngga berani tampil di muka umum….tapi pernahkah kita bertanya balik, sudahkah kita memotivasi anak kita…misalnya dengan memberinya semangat bahkan memanggilnya dengan panggilan yang menyenangkan bagi mereka?

Sebagai orang tua yang baik, tentunya kita ingin anak kita berkarakter baik…tidak ingin anak kita punya kepribadian yang suka membantah kita…
Kenapa kita tidak memulainya dengan hal-hal yang kecil? Kasih sayang kita akan mendapatkan balasan dari anak kita, demikian pula sebaliknya kata-kata yang kurang mereka sukai akan berbekas di hati mereka dan membuat mereka melakukan perlawanan kepada kita.

Tidak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan dan mendidik anak kita menjadi  lebih baik lagi….
Mulai sekarang kita ganti julukan negatif menjadi positif…atau cukup dengan memanggil menggunakan nama yang paling dia sukai…supaya anak-anak kita menjadi lebih baik lagi. Tanyakan pada anak kita…panggilan apa yang paling disukai dan panggilah anak kita dengan panggilan itu.

Entry Filed under: kids education

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: