Ranking di sekolah, perlukah?

September 25, 2007 listysan

Pertanyaan tentang ranking sering banget dipertanyakan oleh orangtua, bahkan ngga jarang orang tua yang bangga karena anaknya dapat ranking di sekolah. Ya begitulah sistem pendidikan yang secara turun menurun diajarkan di negeri ini, saya pun dulu sangat senang jika mendapatkan ranking, dan sempet nangis seharian karena malu gara-gara turun ranking satu peringkat. Orang tua saya pun termasuk orangtua yang membagakan prestasi anaknya lewat ranking ini, dulu kami anak-anaknya diancam untuk dikeluarkan dari sekolah jika tidak mendapatkan ranking, bahkan saya sendiri diancam untuk jadi penggembala sapi jika saya tidak mendapatkan ranking saat EBTANAS.
Alhamdulillah saat ini sudah banyak sekolah-sekolah yang menghapus sistem ranking itu dan mulai menerapkan pendidikan berbasis kecerdasan majemuk atau multiple inteligence dan juga pendidikan karakter.
“Loh kok ngga ada ranking dibilang bagus bagaimana menilainya?” mungkin ada bunda yang bertanya demikian.
Baik, kita kita balik ke tulisan sebelumnya tentang kecerdasan majemuk, disana saya jelaskan bahwa anak-anak kita memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Bisa jadi anak kita menonjol di kecerdasan musikal tapi kurang di kecerdasan matematika. Kalo demikian kejadiannya layakkah anak kita dibilang bodoh karena tidak cerdas matematika? Relakah kita? Bagaimana pula perasaan anak kita?
Bunda tentu bisa menjawabnya sendiri tanpa saya jelaskan lagi, nah…kalo sudah demikian, perlukah sistem ranking itu diberikan di sekolah?
Bukankah tujuan sebenarnya adalah penguasaan ilmu, bukan ranking?
Setelah saya baca beberapa literatur tentang pendidikan anak, saya ingin coba berbagi alasan saya kurang setuju dengan sistem ranking ini :
           

  • Ranking identik dengan pemberian Label
    Pemberian label pada anak merupakan salah satu hal yang perlu dihindari dalam mendidik anak (baca postingan sebelumnya) karena pelabelan ini anak yang mendapatkan label ‘juara’ bisa jadi menjadi sombong atau overconvidence dan yang tidak mendapatkan rangking akan menjadi rendah diri atau minder
  • Ranking dilakukan hanya untuk menonjolkan prestasi akademik

Nilai-nilai yang tertera pada raport biasanya hanya menunjukkan nilai prestasi akademik dari siswa, tanpa memperhatikan prestasi dan potensi lainnya, misalnya seorang anak yang di kelas biasa-biasa saja tapi menonjol dalam prestasi olahraga akan terlepas dari penilaian dan pemberian ranking ini, lalu biasanya anak ini dianggap tidak berprestasi…menyedihkan sekali.

  • Pemberian ranking hanya berdasarkan data kualitatif

Ranking biasanya dibuat hanya berdasar data-data yang tertulis di rapot terlepas apakah data tersebut objectif atau tidak, maksud saya objectif apa tidak adalah apakah guru memberikan nilai secara benar atau berdasarkan subjectifitas tertentu..apakah angka-angka itu diperoleh dengan benar-benar pemahaman siswa atau hasil menyontek?

  • Ranking bisa memacu berbuat curang

Dengan adanya ranking ngga jarang orangtua yang memacu anaknya untuk mendapatkan juara di sekolah, sehingga nggak jarang anak berbuat curang dalam mendapatkan nilai, karena harus menuruti orang tua, misalnya menyontek atau minta bantuan teman

  • Anak bisa stress dan malas

Target untuk mendapatkan ranking dari orangtua dan guru seringkali membuat anak menjadi stress dan tertekan, kalo sudah demikian maka anak akan malas belajar sehingga bukan hasil yang maksimal yang diperoleh tapi malah semakin memperburuk hasil

Entry Filed under: kids education

One Comment Add your own

  • 1. Wong Ndeso  |  September 25, 2007 at 5:05 am

    Saya awam pendidikan. Maka maklumilah sok tau saya yang amat gombal ini. Intinya: sejak dulu saya selalu berprasangka buruk terhadap setiap akal-akalan rangking, seleksi dan ujian yang dimotori birokrat pendidikan, karena bagi saya itu semua adalah langkah untuk menyelamatkan muka, dengan mengatasnamakan “keadilan”, agar penyelenggaraan pendidikan tak dinilai gagal oleh instansi / sekolah tersebut.

    Thanks ya bu, keep your good work.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

September 2007
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: