Doa dan kemudahan

November 6, 2007 listysan

Sedikit saya ingin mengulas tentang doa ini, dari sudut pandang diri saya yang masih ammah…bukan dari segi agama karena pengetahuan saya yang masih rendah didalam hal ini. Latar belakang tulisan ini adalah saya melihat dan mengamati beberapa hal dalam kehidupan, terutama generasi kita saat ini, yang tidak sedikit yang dalam kehidupannya bermanja, tidak mau susah, maunya langsung instan kaya, tidak mau bekerja keras, sehingga tidak jarang timbul korupsi yang merajalela dan menyusahkan orang lain juga kejahatan-kejahatan yang dilatarbelakangi keinginan memiliki sesuatu yang tidak menjadi haknya.

Setiap hari kita berdoa….untuk orang tua kita…untuk anak kita…untuk keluarga, sanak, saudara, teman dan bahkan untuk orang lain…
Namun di dalam doa  sering kali kita meminta kemudahan dan kemudahan, misalnya begini…”Ya Alloh berikan saya kemudahan dalam segala urusan”

Padahal kalo kita lihat kembali setiap jalan yang kita lalui tidak semuanya mudah…banyak jalan terjal, hambatan dan rintangan harus kita lalui dalam kehidupan, banyak masalah yang harus kita hadapi dan selesaikan.

Kalo saya analisa sebenarnya kita sering kali manja…minta dikasihani, dengan selalu meminta diberi kemudahan dalam setiap langkah,  padahal Alloh sendiri telah berfirman bahwa manusia akan diberikan ujian untuk mencapai derajat keimanan, yang intinya tidak semua jalan mudah untuk dilalui.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan? Boleh berdoa minta kemudahan, tapi alangkah baiknya jika doa dan permintaan kita dirubah, ganti dengan kata-kata penyemangat yang tidak terkesan manja, misalnya “Ya Alloh berikan saya kekuatan dan ketegaran dalam menghadapi kehidupan” doa ini nuansanya pun akan menggugah kita berusaha untuk selalu tegar dan berjuang dalam setiap rintangan. Berbeda dengan doa pertama yang terkesan manja dan membuat kita pasrah.
Doa kita bisa jadi akan didengarkan oleh seluruh alam dan alam akan merespon doa kita dengan pancaran energinya, so..kita kembalikan lagi pada diri kita, sudah benarkah kita dalam berdoa?

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

November 2007
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: