Usaha paling TOP dan menguntungkan

November 9, 2007 listysan

Habis meeting urusan SOX yang cukup melelahkan saya makan siang dengan boss saya …biasa kita ngobrol ngalor ngidul seputar project SOX…nggak lama kemudian datang kawan boss yang kebetulan satu milis dengan saya, ikut gabung makan siang di kantin. 
Beliau tanya ke saya ” kemarin ke halal bi halal TDA ngga?”  Saya bilang ngga bisa hadir karena ada urusan lain. Topik obrolan pun menjadi berubah karena beliau ini menceritakan ingin memulai bisnis anthurium, yang saat ini lagi marak harganya mencuat tinggi. Yang lucu beliau ini malah tanya-tanya ke saya seluk beluk bisnis tanaman ini. “Wah…saya ngga punya ilmu banyak Pak tentang hal ini….jawab saya spontan” Saya hanya kasih sedikit advise, kalau baru akan mulai sekarang dan mengejar harga sangat tinggi sedangkan beliau belum punya persiapan sama sekali termasuk pengetahuan dan seluk beluk tentang bisnis ini kemungkinan berhasilnya kecil, kecuali beliau bisa menggandeng dan kerjasama dengan orang yang tahu banyak akan bisnis ini.
Mendengar perkataan saya beliau ragu lagi, langsung bertanya lagi…”wah kalau begitu usaha apa yang paling menguntungkan saat ini?”

“Maaf Pak sebelumnya…tanpa mengurangi rasa hormat saya dan bukan berarti sok pinter, kalau Bapak bicara saat ini…Bapak sudah pada posisi yang benar, yaitu anthurium, untungnya bisa puluhan juta….tapi itu saat ini. Kenapa saya garis bawahi kata-kata saat ini, karena bisa jadi dalam 1 tahun ke depan harga anthurium sudah anjlok dan ngga tinggi seperti sekarang. Tergantung waktunya pak…Nah daripada pusing memikirkan apa yang paling top saat ini, lebih baik Bapak memulai dari sekarang….apapun yang Bapak kuasai, yang Bapak minati dan yang tentunya yang bisa Bapak jalankan sambil bekerja.
Karena yang namanya usaha bukan hanya sekedar jiplak saja…bukan sekedar ATM ( amati tiru modifikasi) saja…tapi kita harus punya  ilmu-ilmu yang terkait untuk menjalankan usaha tersebut ”

“Tapi saya sudah pernah mencoba dan gagal…” kata sPOST https://untukbunda.wordpress.com/wp-admin/post.php HTTP/1.0i Bapak menyela.
” Loh….kegagalan itu proses, dan bukan berartiPOST https://untukbunda.wordpress.com/wp-admin/post.php HTTP/1.0 kegagalan itu jelek, karena dari kegagalan itu kitPOST https://untukbunda.wordpress.com/wp-admin/post.php HTTP/1.0a bisa belajar banyak ilmu…nggak ada loh Pak sekolah khusus jurusan  kegagalan di negeri ini…so Bapak bisa belajar dari kegagalan tersebut, dan juga kegagalan orang lain di sekitar Bapak. Kalo sudah tahu titik-titik penyebab gagalnya jangan diulangi lagi supaya ngga jatuh di lubang yang sama.  Menurut saya tidak benar jika kita menyebut sebagai kegagalan, tapi alangkah lebih baik jika kita anggap itu adalah proses menuju keberhasilan, kita anggap sebagai sekolah kehidupan”

Waktu pun mulai bergerak mendekati jam 13.00 sehingga kami harus mengakhiri obrolan tersebut untuk kembali kerja…tapi saya sempat bertanya lagi ” Jadi bagaimana Pak…apakah masih mau bisnis anthurium atau mau coba yang memang benar-benar Bapak kuasai dan minati?” Si Bapak hanya tersenyum….satu doa saya dalam hati untuknya…semoga di langkahnya kali ini dipertimbangkan lebih matang dan menemui keberhasilan. Selamat berjuang  Pak..🙂

Entry Filed under: business,entrepreneurship

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

November 2007
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
