Mendidik Anak Ayam atau Elang?

November 28, 2007 listysan

Beberapa waktu lalu saya mendengar “The Indonesian Strong From Home” yang inti temanya menggelitik saya sampai saat ini, “Mendidik anak ayam atau elang”. Pada bahasan tersebut ayah edy kurang lebih menuturkan bahwa pada suatu hari ada seorang pemburu yang berhasil menangkap seekor elang yang sedang bertengger di atas pohon, namun sangat disayangkan ternyata elang tersebut sedang mengerami dua buah telurnya. Sang pemburu jadi sedih melihat hal tersebut, lalu memutuskan untuk membawa pulang elang yang telah meninggal dan telurnya. Sesampai rumah elang tersebut batal dijadikan santapan, dengan sedih dia kuburkan, namun dia masih sedih memikirkan bagaimana nasib kedua telur elang tersebut. Kemudian dia mendapati seekor induk ayam yang sedang mengerami telurnya juga, lalu dia memutuskan untuk menempatkan telur tersebut supaya ikut dierami oleh ayam tersebut. Waktu berganti tibalah saat anak ayam mulai menetas, demikian pula sang elang yang dititipkan menetas dan menjadi dua ekor elang kecil. Induk ayam tersebut kemudian mengasuh anak-anaknya, termasuk kedua ekor elang kecil tersebut, walaupun wajah kedua ekor elang tersebut kehilatan berbeda dengan anak ayam yang lain, wajahnya terlihat lebih tegas dan juga kaki-kakinya kokoh.
Suatu hari induk ayam mengajak anak-anaknya untuk mencari makanan, mereka mengorek-ngorek sisa makanan di tanah. Rupanya anak-anak elang itu kurang menyukai aktifitas itu, mereka melompat-lompat dan berusaha terbang, kemudian anak elang itu bertanya….”Bu…..bisakah saya terbang seperti burung-burung itu?” induk pun menjawab..”sudahlah…kamu ini hanya anak ayam, mana mungkin bisa terbang, nggak usah macem-macem deh… ayo kita cari aja lagi makanan” Mendengar jawaban itu anak elang menjadi sedih. Tiba-tiba datanglah seekor elang yang mendekat….maka anak-anak ayam beserta induknya pun pergi bersembunyi kecuali kedua ekor anak elang. Setelah hinggap kemudian elang itu bertanya…”kemana teman-temanmu semua?” Anak-anak ayam itu menjawab ” pada sembunyi Om…mereka takut”
“Lalu kenapa kamu tidak ikutan sembunyi seperti mereka?” tanya elang
“Justru saya ingin bertanya pada Om….bisakah saya terbang tinggi seperti Om elang?”
Sejenak elang besar itu mengamati…lalu berkata….”Tentu kamu bisa….kamu punya dua sayap yang kuat…punya bulu-bulu yang indah…dan yang lebih penting lagi…kamu punya nyali dan kemauan yang kuat”
Lalu kedua elang kecil itupun belajar pada elang yang ditemuinya…jatuh dan jatuh lagi….mencoba dan mencoba lagi….hinggi elang kecil itu bisa terbang tinggi…mencari makan ditempat-tempat yang jauh…dan bertengger di gedung yang begitu tinggi…
Cerita diatas sungguh menggelitik pemikiran saya, saat ini jutaan pengangguran di negeri ini, tak sedikit diantaranya adalah alumni perguruan tinggi. Begitu ada lowongan PNS maka banyak sekali yang berebutan untuk melamar. Tapi sungguh sedikit dari mereka yang berinisiatif untuk menciptakan peluang, atau kreatifitas yang lain….sungguh sayang sekali padahal potensi yang dimiliki cukup besar.  Apakah ini karena sistem pendidikan kita yang masih baru bisa menciptakan anak-anak ayam? bukan elang yang mampu bertengger di gedung-gedung yang tinggi di seluruh dunia, atau karena faktor lain?
Saatnya para orang tua dan guru untuk memikirkan ini semua, supaya putra putri kita mampu menjadi generasi elang yang begitu tangguh dan kuat dalam menghadapi segala situasi dan mampu terbang ke seluruh dunia mencari penghidupan, bukan sekedar generasi anak ayam yang hanya mampu mencari makan dengan mengorek-ngorek kotoran di sekitarnya.

Entry Filed under: educations,kids education

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

November 2007
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
%d bloggers like this: