Senang mendapat Gratis-an

November 30, 2007 listysan

Mencermati pembagian tabung gas dan kompor bagi rakyat yang kurang mampu, saya ingin sedikit menuliskan uneg-uneg saya.
Sungguh memprihatinkan kondisi bangsa kita saat ini…jumlah rakyat miskin bertambah, tapi ironisnya dijalan juga jumlah mobil mewah bertambah.
Yang membuat saya lebih kagum lagi banyak rakyat kita yang ‘senang dengan barang Gratis’ apakah itu benar-benar menjadi hak nya atau bukan….’yang penting GRATIS’
Demikian pula yag terjadi dengan pembagian tabung gas dan kompor baru-baru ini. Saya nggak tahu apakah ini kesengajaan atau yang bersangkutan tidak punya malu…’yang penting dapat gratis…’
Saya ambil contoh di tempat saya….saat pendaftaran untuk pembagian gas ketua RT saya keliling dan mendaftarkan semua warganya, termasuk keluarga saya, namun kami menolak saat itu, dalam hati kami berfikir apa tidak salah kalo warga di RT kami mendapat subsidi tabung dan kompor gas, kami yakin warga di tempat kami mampu membelinya, karena harga mobil dan rumah yang lebih mahal saja kebeli….namun kami berfikir lagi, berusaha berfikir positif mungkin memang jatah yang dibagikan banyak jadinya yang banyak pula yang kebagian. Atau barangkali juga kriteria miskin di negeri ini sudah berubah, yang sudah mampu beli rumah dan mobil pun masih dianggap miskin…
Yang unik…setelah kami menolak didaftarkan ada orang yang berniat memakai nama kami supaya jatah masih bisa didapat…setengah marah saya menolaknya…hingga orang tersebut tersipu malu….
Beberapa waktu lalu setelah tabung dan kompor diterima warga RT kami, saya sempat bertanya kepada warga kampung sekitar…dan yang membuat saya kaget ternyata banyak sekali warga yang tidak kebagian jatah tabung dan kompor gas ini…sama persis saat kejadian waktu pembagian subsidi BBM…banyak rakyat miskin yang tidak mendapatkan namun banyak juga keluarga kaya yang menikmati….
Hanya satu yang dibenak saya….ternyata bangsa kita ini punya budaya yang cukup bagus, selain dikenal cukup ramah dan pemurah juga ternyata punya sifat yang senang dengan barang  gratisan….makanya tidak heran jika banyak penipu yang sukses melalui telpon, sms dan lainnya dengan iming-iming hadiah mobil, uang atau pemberian gratis lainnya.
Itulah kenyataan potret negeri ini….banyak sekali yang masih rela bersenang-senang walaupun yang lain harus menderita karenanya….tak mengherankan jika tingkat korupsi pun semakin tinggi.
Hmm…hanya doa dan harap yang bisa saya perbuat…mudah-mudahan banyak orang yang sadar dan mengerti bahwa nggak semua yang GRATIS itu bagus….kadangkala Gratis itu perlu dipikirkan terlebih dahulu..apakah ada hak orang lain disana…benarkah kita ber hak atas yang Gratis itu…adakah yang dirugikan dari barang Gratis yang kita terima itu…
Semoga……

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

November 2007
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
